Ngaji 60 Hadits Perempuan: Hadits ke-03 tentang Berperilaku Baik Antar Sesama

Dari Kupipedia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ini adalah hadis ketiga dari kompilasi 60 hadis sahih tentang hak-hak perempuan dalam Islam. Kumpulan hadits ini telah diterbitkan menjadi buku, lengkap dengan teks, sumber, dan penjelasan singkat oleh Dr. Faqihuddin Abdul Kodir, Lc. MA dengan judul "60 Hadis Sahih: Khusus tentang hak-hak Perempan dalam Islam, dilengkapi dengan penafsiranya (Diva Press, 2019).

Isi hadits ketiga yang dibahas:


عَنِ النَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ الأَنْصَارِىِّ قَالَ سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَنِ الْبِرِّ وَالإِثْمِ فَقَالَ: «الْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَالإِثْمُ مَا حَاكَ فِى صَدْرِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ». (رواه مسلم)

Terjemahan: Nawas bin Sam’an al-Anshari Ra. Berkata, “Saya bertanya kepada Rasulullah Saw mengenai kebaikan dan keburukan. Rasul menjawab: “Kebaikan adalah akhlak mulia dan keburukan adalah sesuatu yang membuat hatimu ragu dan kamu tidak ingin orang lain melihat seuatu itu (ada pada dirimu)”. (Sahih Muslim)

Sumber Hadits: Hadits ini diriwayatkan Imam Muslim dalam Shahih-nya (no. Hadits 6680 dan 6681), Imam Tirmidzi dalam Sunan-nya (no. hadits 2565), dan Imam Ahmad dalam Musnad-nya (no. hadits: 17905, 17907, dan 17908). [1 Juli 2019]