Tadarus Subuh: Perbedaan revisi
Baris 4: | Baris 4: | ||
Setiap digelar, Tadarus Subuh dihadiri lebih dari 70 sampai dengan 400 orang. Jumlah yang cukup fantastis untuk ngaji yang dilakukan di pagi hari di akhir pekan. Tadarus Subuh merupakan inisiasi dari Penerbit Afkaruna.id dan bekerja sama dengan lima [[lembaga]] (Perhimpunan [[Rahima]], [[Alimat]], [[Fahmina]] Institute, dan [[Mubadalah]].id) | Setiap digelar, Tadarus Subuh dihadiri lebih dari 70 sampai dengan 400 orang. Jumlah yang cukup fantastis untuk ngaji yang dilakukan di pagi hari di akhir pekan. Tadarus Subuh merupakan inisiasi dari Penerbit Afkaruna.id dan bekerja sama dengan lima [[lembaga]] (Perhimpunan [[Rahima]], [[Alimat]], [[Fahmina]] Institute, dan [[Mubadalah]].id) | ||
{| | {| class="wikitable" | ||
|1 | |1 | ||
|Hadis Tentang Perempuan Separuh Akal dan Separuh Agamanya | |[[Tadarus Subuh ke-01: Hadis Tentang Perempuan Separuh Akal dan Separuh Agamanya]] | ||
|- | |- | ||
|2 | |2 | ||
|Penciptaan | |[[Tadarus Subuh ke-02: Penciptaan Perempuan dari Tulang Rusuk yang Bengkok]] | ||
|- | |- | ||
|3 | |3 | ||
|Memaknai Hadis | |Tadarus Subuh ke-03: Memaknai Hadis Tentang Perempuan Sumber Kesialan | ||
|- | |- | ||
|4 | |4 | ||
|Benarkah | |Tadarus Subuh ke-04: Benarkah Perempuan Penduduk Terbanyak Neraka? | ||
|- | |- | ||
|5 | |5 | ||
|Mengapa Aqikah | |Tadarus Subuh ke-05: Mengapa Aqikah Perempuan Separuh Laki-laki? | ||
|- | |- | ||
|6 | |6 | ||
|Adakah Hadis | |Tadarus Subuh ke-06: Adakah Hadis tentang Perempuan Haid Dilarang Masuk Masjid? | ||
|- | |- | ||
|7 | |7 | ||
|Khitan | |[[Tadarus Subuh ke-07: Khitan Perempuan]] | ||
|- | |- | ||
|8 | |8 | ||
|Benarkah | |[[Tadarus Subuh ke-08: Benarkah Perempuan Sebagai Sumber Fitnah?]] | ||
|- | |- | ||
|9 | |9 | ||
|Benarkah | |[[Tadarus Subuh ke-09: Benarkah Perempuan adalah Aurat?]] | ||
|- | |- | ||
|10 | |10 | ||
|Larangan Khalwat | |[[Tadarus Subuh ke-10: Larangan Khalwat dengan Perempuan]] | ||
|- | |- | ||
|11 | |11 | ||
|Benarkah | |Tadarus Subuh ke-11: Benarkah Perempuan Yang Memakai Parfum Dianggap Berzina? | ||
|- | |- | ||
|12 | |12 | ||
|Mahram dalam | |[[Tadarus Subuh ke-12: Mahram dalam Perjalanan Perempuan]] | ||
|- | |- | ||
|13 | |13 | ||
|Benarkah | |Tadarus Subuh ke-13: Benarkah Shalat terbaik Perempuan Bukan di Masjid? | ||
|- | |- | ||
|14 | |14 | ||
|Bolehkah | |[[Tadarus Subuh ke-14: Bolehkah Perempuan menjadi Imam Shalat?]] | ||
|- | |- | ||
|15 | |15 | ||
|Bolehkah | |Tadarus Subuh ke-15: Bolehkah Perempuan menjadi Pemimpin Negara? | ||
|- | |- | ||
|16 | |16 | ||
|Benarkah Nabi | |Tadarus Subuh ke-16: Benarkah Nabi Muhammad SAW. Menikahi Sayidah Aisyah di Usia anak? | ||
|- | |- | ||
|17 | |17 | ||
|Benarkah Jihad | |[[Tadarus Subuh ke-17: Benarkah Jihad Perempuan di Dalam Rumah?]] | ||
|- | |- | ||
|18 | |18 | ||
| | | | ||
|- | |- | ||
|19 | |19 | ||
|Benarkah | |Tadarus Subuh ke-19: Benarkah Perempuan Tak Elok Menolak Lamaran? | ||
|- | |- | ||
|20 | |20 | ||
|Hiasan Terbaik | |[[Tadarus Subuh ke-20: Hiasan Terbaik adalah Istri Salihah]] | ||
|- | |- | ||
|21 | |21 | ||
|Apa Makna | |Tadarus Subuh ke-21: Apa Makna hadits Jika Dibolehkan, Perempuan Harus Sujud Kepada Suaminya | ||
|- | |- | ||
|22 | |22 | ||
|Melayani Seks | |Tadarus Subuh ke-22: Melayani Seks itu Wajib Sekalipun di Atas Punggung Unta? | ||
|- | |- | ||
|23 | |23 | ||
|Apa Makna | |Tadarus Subuh ke-23: Apa Makna Hadis Tentang Laknat Malaikat Kepada Istri Yang Menolah Ajakan Seks Suami? | ||
|- | |- | ||
|24 | |24 | ||
|Apa Makna | |Tadarus Subuh ke-24: Apa Makna Hadits "Ridho Suami dan Ridho Istri dalam Islam? | ||
|- | |- | ||
|25 | |25 | ||
|Apakah Menolak | |Tadarus Subuh ke-25: Apakah Menolak [[Poligami]] Berarti Melawan Nabi SAW? | ||
|- | |- | ||
|26 | |26 | ||
|Benarkah | |[[Tadarus Subuh ke-26: Benarkah Menikah itu Separuh dari Agama?]] | ||
|- | |- | ||
|27 | |27 | ||
| | |[[Tadarus Subuh ke-27: Pentingkah Kafa'ah dalam Pernikahan?]] | ||
|- | |- | ||
|28 | |28 | ||
|Benarkah | |Tadarus Subuh ke-28: Benarkah Perempuan Dinikahi Karena Agamanya? | ||
|- | |- | ||
|29 | |29 | ||
|Benarkah | |Tadarus Subuh ke-29: Benarkah Pernikahan Terbaik Adalah Yang Termurah? | ||
|- | |- | ||
|30 | |30 | ||
|Bolehkah | |[[Tadarus Subuh ke-30: Bolehkah Perempuan Menjadi Wali Nikah?]] | ||
|- | |- | ||
|31 | |31 | ||
| | |[[Tadarus Subuh ke-31: Haruskah Ada Pesta Pernikahan]] | ||
|- | |- | ||
|32 | |32 | ||
|Apakah [[Nafkah]] | |Tadarus Subuh ke-32: Apakah [[Nafkah]] Keluarga Itu Kewajiban Suami? | ||
|- | |- | ||
|33 | |33 | ||
|Salahkah Jika | |Tadarus Subuh ke-33: Salahkah Jika Pendapatan Istri Lebih Besar Dari Suami? | ||
|- | |- | ||
|34 | |34 | ||
|Berdosakah | |Tadarus Subuh ke-34: Berdosakah Seorang Istri Mengajukan Perceraian? | ||
|- | |- | ||
|35 | |35 | ||
|Apakah Menurut | |Tadarus Subuh ke-35: Apakah Menurut Syari'ah Harus Laki-Laki Yang Menjadi Kepala Rumah Tangga? | ||
|- | |- | ||
|36 | |36 | ||
|Bagaimana | |Tadarus Subuh ke-36: Bagaimana Islam Memandang Perempuan Berkarir di Ruang Publik? | ||
|- | |- | ||
|37 | |37 | ||
|Pengelolaan | |Tadarus Subuh ke-37: Pengelolaan Properti Keluarga dalam Perspektif Mubadalah | ||
|- | |- | ||
|38 | |38 | ||
|Suami Juga | |[[Tadarus Subuh ke-38: Suami Juga Ladang Kebaikan Bagi Istri]] | ||
|- | |- | ||
|39 | |39 | ||
|Sunah Malam Jum'at Pahala Ibadah Seks yang Beruntun dan Menggunung | |Tadarus Subuh ke-39: Sunah Malam Jum'at Pahala Ibadah Seks yang Beruntun dan Menggunung | ||
|- | |- | ||
|40 | |40 | ||
| | |Tadarus Subuh ke-40: Hubungan Seks di Surga dalam Tinjauan Hadis | ||
|- | |- | ||
|41 | |41 | ||
| | |Tadarus Subuh ke-41: Perspektif Mubadalah dalam Sexual Consent dan Safe Behavior | ||
|- | |- | ||
|42 | |42 | ||
|Adakah | |Tadarus Subuh ke-42: Adakah Perkosaan dalam Pernikahan? | ||
|- | |- | ||
|43 | |43 | ||
|Komitmen Nabi | |Tadarus Subuh ke-43: Komitmen Nabi Saw tanpa Kekerasan Terhadap Perempuan | ||
|- | |- | ||
|44 | |44 | ||
|Benarkah Suami Memukul Istri adalah Aib yang Harus Ditutupi? | |Tadarus Subuh ke-44: Benarkah Suami Memukul Istri adalah Aib yang Harus Ditutupi? | ||
|- | |- | ||
|45 | |45 | ||
| | |Tadarus Subuh ke-45: Kisah Istri Taat Suami Yang Tidak Mengunjungi Ayahnya Yang Sakit Sampai Wafat | ||
|- | |- | ||
|46 | |46 | ||
| | |Tadarus Subuh ke-46: Tips Menjaga Relasi Suami Istri Agar Tetap Hangat dan Romantis | ||
|- | |- | ||
|47 | |47 | ||
| | |Tadarus Subuh ke-47: Tujuh Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Bersama | ||
|- | |- | ||
|48 | |48 | ||
|Relasi | |Tadarus Subuh ke-48: Relasi Orangtua dan Anak dalam Perspektif Islam | ||
|- | |- | ||
|49 | |49 | ||
|Adakah | |Tadarus Subuh ke-49: Adakah Pembahasan Hak Anak dalam Hadis? | ||
|- | |- | ||
|50 | |50 | ||
|Lima Pilar Pengasuhan Anak | |Tadarus Subuh ke-50: Lima Pilar Pengasuhan Anak | ||
|- | |- | ||
|51 | |51 | ||
|Memukul Anak sebagai Metode Pendidikan | |Tadarus Subuh ke-51: Memukul Anak sebagai Metode Pendidikan | ||
|- | |- | ||
|52 | |52 | ||
|Mengasuh Anak | |Tadarus Subuh ke-52: Mengasuh Anak dan Mencari Nafkah Tanggungjawab Siapa? | ||
|- | |- | ||
|53 | |53 | ||
|Benarkah Anak Laki-Laki Lebih Baik dari Anak Perempuan? | |Tadarus Subuh ke-53: Benarkah Anak Laki-Laki Lebih Baik dari Anak Perempuan? | ||
|- | |- | ||
|54 | |54 | ||
|Berbakti | |Tadarus Subuh ke-54: Berbakti Kepada Kedua Orangtua dan Berbuat baik Kepada Anak-Anak | ||
|- | |- | ||
|55 | |55 | ||
|Sesama Muslim adalah Saudara | |Tadarus Subuh ke-55: Sesama Muslim adalah Saudara | ||
|- | |- | ||
|56 | |56 | ||
| | |Tadarus Subuh ke-56: Larangan Menyakiti Diri Sendiri dan Orang Lain | ||
|- | |- | ||
|57 | |57 | ||
|Makna Kebaikan dan Dosa | |Tadarus Subuh ke-57: Makna Kebaikan dan Dosa | ||
|- | |- | ||
|58 | |58 | ||
| | |Tadarus Subuh ke-58: Perkumpulan Yang Paling Dicintai dan Dekat dengan Rasulullah | ||
|- | |- | ||
|59 | |59 | ||
|Siapa yang Tak Menyayangi, Tak akan Disayangi | |Tadarus Subuh ke-59: Siapa yang Tak Menyayangi, Tak akan Disayangi | ||
|- | |- | ||
|60 | |60 | ||
|Pengakuan | |Tadarus Subuh ke-60: Pengakuan Islam Atas Perempuan | ||
|- | |- | ||
|61 | |61 | ||
|Perempuan | |Tadarus Subuh ke-61: Perempuan adalah Mitra bagi Laki-Laki | ||
|- | |- | ||
|62 | |62 | ||
|Keutamaan Mengasuh dan Mendidik Anak Perempuan | |Tadarus Subuh ke-62: Keutamaan Mengasuh dan Mendidik Anak Perempuan | ||
|- | |- | ||
|63 | |63 | ||
|Ganjaran Bagi Orangtua yang Mendidik Anak Perempuan Sebaik-baiknya | |Tadarus Subuh ke-63: Ganjaran Bagi Orangtua yang Mendidik Anak Perempuan Sebaik-baiknya | ||
|- | |- | ||
|64 | |64 | ||
|Memuliakan Perempuan, Tanda Kesempurnaan Iman | |Tadarus Subuh ke-64: Memuliakan Perempuan, Tanda Kesempurnaan Iman | ||
|- | |- | ||
|65 | |65 | ||
|Ibumu, Ibumu, Ibumu, baru Ayahmu | |Tadarus Subuh ke-65: Ibumu, Ibumu, Ibumu, baru Ayahmu | ||
|- | |- | ||
|66 | |66 | ||
|Menyambut Perempuan dengan Wajah Gembira | |Tadarus Subuh ke-66: Menyambut Perempuan dengan Wajah Gembira | ||
|- | |- | ||
|67 | |67 | ||
|Teladan Rasulullah Terhadap Ibu Susuan | |Tadarus Subuh ke-67: Teladan Rasulullah Terhadap Ibu Susuan | ||
|- | |- | ||
|68 | |68 | ||
|Menunjukkan Keceriaan dan Kecintaan Pada Perempuan dan Anak-anak | |Tadarus Subuh ke-68: Menunjukkan Keceriaan dan Kecintaan Pada Perempuan dan Anak-anak | ||
|- | |- | ||
|69 | |69 | ||
|Islam Mengapresiasi | |Tadarus Subuh ke-69: Islam Mengapresiasi Peran Perempuan di Ruang Publik | ||
|- | |||
|70 | |||
|Tadarus Subuh ke-70: Menjamin Perempuan Nyaman Menyampaikan Pendapat | |||
|- | |||
|71 | |||
|Tadarus Subuh ke-71: Nabi Muhammad Menerima Wahyu Saat Bersama Perempuan | |||
|- | |||
|72 | |||
|Tadarus Subuh ke-72: Perempuan Tidak Membatalkan Ibadah Seseorang | |||
|} | |} | ||
[[Kategori:Khazanah]] | [[Kategori:Khazanah]] | ||
[[Kategori:Video KUPI]] | [[Kategori:Video KUPI]] |
Revisi per 1 September 2023 04.20
Tadarus Subuh adalah pengajian rutin setiap Minggu pagi (05.30-07.00 WIB) yang diampu oleh Faqihuddin Abdul Qadir (Kang Faqih). Tadarus Subuh pertama kali dilaksanakan pada 19 September 2021. Awalnya, Tadarus Subuh adalah ruang untuk mendaras buku karangan Kang Faqih berjudul Perempuan (Bukan) Sumber Fitnah. Saat ini buku yang didaras adalah Sittin Adliyah. Sebelum itu, buku yang didaras adalah Perempuan (Bukan) Makhluk Domestik. Namun, jika melihat polanya, Tadarus Subuh bisa berkembang menjadi lebih luas menjadi ruang silaturahmi gagasan, terutama tentang Islam dan perempuan.
Setiap Tadarus Subuh ada tuan rumah yang menjadi narasumber bersama Kang Faqih membahas tema yang sudah ditentukan. Tuan rumah akan menjadi narasumber pertama, kemudian Kang Faqih akan menjadi narasumber kedua. Selepas itu, diskusi mulai dibuka untuk para hadirin. Tadarus Subuh adalah ruang belajar bersama. Oleh karenanya, dalam Tadarus Subuh, peserta tidak hanya menjadi mustami' (pendengar) saja, tetapi juga menjadi narasumber yang bisa memberikan pendapat, sanggahan, ataupun pengalamannya.
Setiap digelar, Tadarus Subuh dihadiri lebih dari 70 sampai dengan 400 orang. Jumlah yang cukup fantastis untuk ngaji yang dilakukan di pagi hari di akhir pekan. Tadarus Subuh merupakan inisiasi dari Penerbit Afkaruna.id dan bekerja sama dengan lima lembaga (Perhimpunan Rahima, Alimat, Fahmina Institute, dan Mubadalah.id)
1 | Tadarus Subuh ke-01: Hadis Tentang Perempuan Separuh Akal dan Separuh Agamanya |
2 | Tadarus Subuh ke-02: Penciptaan Perempuan dari Tulang Rusuk yang Bengkok |
3 | Tadarus Subuh ke-03: Memaknai Hadis Tentang Perempuan Sumber Kesialan |
4 | Tadarus Subuh ke-04: Benarkah Perempuan Penduduk Terbanyak Neraka? |
5 | Tadarus Subuh ke-05: Mengapa Aqikah Perempuan Separuh Laki-laki? |
6 | Tadarus Subuh ke-06: Adakah Hadis tentang Perempuan Haid Dilarang Masuk Masjid? |
7 | Tadarus Subuh ke-07: Khitan Perempuan |
8 | Tadarus Subuh ke-08: Benarkah Perempuan Sebagai Sumber Fitnah? |
9 | Tadarus Subuh ke-09: Benarkah Perempuan adalah Aurat? |
10 | Tadarus Subuh ke-10: Larangan Khalwat dengan Perempuan |
11 | Tadarus Subuh ke-11: Benarkah Perempuan Yang Memakai Parfum Dianggap Berzina? |
12 | Tadarus Subuh ke-12: Mahram dalam Perjalanan Perempuan |
13 | Tadarus Subuh ke-13: Benarkah Shalat terbaik Perempuan Bukan di Masjid? |
14 | Tadarus Subuh ke-14: Bolehkah Perempuan menjadi Imam Shalat? |
15 | Tadarus Subuh ke-15: Bolehkah Perempuan menjadi Pemimpin Negara? |
16 | Tadarus Subuh ke-16: Benarkah Nabi Muhammad SAW. Menikahi Sayidah Aisyah di Usia anak? |
17 | Tadarus Subuh ke-17: Benarkah Jihad Perempuan di Dalam Rumah? |
18 | |
19 | Tadarus Subuh ke-19: Benarkah Perempuan Tak Elok Menolak Lamaran? |
20 | Tadarus Subuh ke-20: Hiasan Terbaik adalah Istri Salihah |
21 | Tadarus Subuh ke-21: Apa Makna hadits Jika Dibolehkan, Perempuan Harus Sujud Kepada Suaminya |
22 | Tadarus Subuh ke-22: Melayani Seks itu Wajib Sekalipun di Atas Punggung Unta? |
23 | Tadarus Subuh ke-23: Apa Makna Hadis Tentang Laknat Malaikat Kepada Istri Yang Menolah Ajakan Seks Suami? |
24 | Tadarus Subuh ke-24: Apa Makna Hadits "Ridho Suami dan Ridho Istri dalam Islam? |
25 | Tadarus Subuh ke-25: Apakah Menolak Poligami Berarti Melawan Nabi SAW? |
26 | Tadarus Subuh ke-26: Benarkah Menikah itu Separuh dari Agama? |
27 | Tadarus Subuh ke-27: Pentingkah Kafa'ah dalam Pernikahan? |
28 | Tadarus Subuh ke-28: Benarkah Perempuan Dinikahi Karena Agamanya? |
29 | Tadarus Subuh ke-29: Benarkah Pernikahan Terbaik Adalah Yang Termurah? |
30 | Tadarus Subuh ke-30: Bolehkah Perempuan Menjadi Wali Nikah? |
31 | Tadarus Subuh ke-31: Haruskah Ada Pesta Pernikahan |
32 | Tadarus Subuh ke-32: Apakah Nafkah Keluarga Itu Kewajiban Suami? |
33 | Tadarus Subuh ke-33: Salahkah Jika Pendapatan Istri Lebih Besar Dari Suami? |
34 | Tadarus Subuh ke-34: Berdosakah Seorang Istri Mengajukan Perceraian? |
35 | Tadarus Subuh ke-35: Apakah Menurut Syari'ah Harus Laki-Laki Yang Menjadi Kepala Rumah Tangga? |
36 | Tadarus Subuh ke-36: Bagaimana Islam Memandang Perempuan Berkarir di Ruang Publik? |
37 | Tadarus Subuh ke-37: Pengelolaan Properti Keluarga dalam Perspektif Mubadalah |
38 | Tadarus Subuh ke-38: Suami Juga Ladang Kebaikan Bagi Istri |
39 | Tadarus Subuh ke-39: Sunah Malam Jum'at Pahala Ibadah Seks yang Beruntun dan Menggunung |
40 | Tadarus Subuh ke-40: Hubungan Seks di Surga dalam Tinjauan Hadis |
41 | Tadarus Subuh ke-41: Perspektif Mubadalah dalam Sexual Consent dan Safe Behavior |
42 | Tadarus Subuh ke-42: Adakah Perkosaan dalam Pernikahan? |
43 | Tadarus Subuh ke-43: Komitmen Nabi Saw tanpa Kekerasan Terhadap Perempuan |
44 | Tadarus Subuh ke-44: Benarkah Suami Memukul Istri adalah Aib yang Harus Ditutupi? |
45 | Tadarus Subuh ke-45: Kisah Istri Taat Suami Yang Tidak Mengunjungi Ayahnya Yang Sakit Sampai Wafat |
46 | Tadarus Subuh ke-46: Tips Menjaga Relasi Suami Istri Agar Tetap Hangat dan Romantis |
47 | Tadarus Subuh ke-47: Tujuh Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Bersama |
48 | Tadarus Subuh ke-48: Relasi Orangtua dan Anak dalam Perspektif Islam |
49 | Tadarus Subuh ke-49: Adakah Pembahasan Hak Anak dalam Hadis? |
50 | Tadarus Subuh ke-50: Lima Pilar Pengasuhan Anak |
51 | Tadarus Subuh ke-51: Memukul Anak sebagai Metode Pendidikan |
52 | Tadarus Subuh ke-52: Mengasuh Anak dan Mencari Nafkah Tanggungjawab Siapa? |
53 | Tadarus Subuh ke-53: Benarkah Anak Laki-Laki Lebih Baik dari Anak Perempuan? |
54 | Tadarus Subuh ke-54: Berbakti Kepada Kedua Orangtua dan Berbuat baik Kepada Anak-Anak |
55 | Tadarus Subuh ke-55: Sesama Muslim adalah Saudara |
56 | Tadarus Subuh ke-56: Larangan Menyakiti Diri Sendiri dan Orang Lain |
57 | Tadarus Subuh ke-57: Makna Kebaikan dan Dosa |
58 | Tadarus Subuh ke-58: Perkumpulan Yang Paling Dicintai dan Dekat dengan Rasulullah |
59 | Tadarus Subuh ke-59: Siapa yang Tak Menyayangi, Tak akan Disayangi |
60 | Tadarus Subuh ke-60: Pengakuan Islam Atas Perempuan |
61 | Tadarus Subuh ke-61: Perempuan adalah Mitra bagi Laki-Laki |
62 | Tadarus Subuh ke-62: Keutamaan Mengasuh dan Mendidik Anak Perempuan |
63 | Tadarus Subuh ke-63: Ganjaran Bagi Orangtua yang Mendidik Anak Perempuan Sebaik-baiknya |
64 | Tadarus Subuh ke-64: Memuliakan Perempuan, Tanda Kesempurnaan Iman |
65 | Tadarus Subuh ke-65: Ibumu, Ibumu, Ibumu, baru Ayahmu |
66 | Tadarus Subuh ke-66: Menyambut Perempuan dengan Wajah Gembira |
67 | Tadarus Subuh ke-67: Teladan Rasulullah Terhadap Ibu Susuan |
68 | Tadarus Subuh ke-68: Menunjukkan Keceriaan dan Kecintaan Pada Perempuan dan Anak-anak |
69 | Tadarus Subuh ke-69: Islam Mengapresiasi Peran Perempuan di Ruang Publik |
70 | Tadarus Subuh ke-70: Menjamin Perempuan Nyaman Menyampaikan Pendapat |
71 | Tadarus Subuh ke-71: Nabi Muhammad Menerima Wahyu Saat Bersama Perempuan |
72 | Tadarus Subuh ke-72: Perempuan Tidak Membatalkan Ibadah Seseorang |