Fikih Anti Korupsi: Perbedaan revisi

99 bita ditambahkan ,  21 Januari 2022 16.03
tidak ada ringkasan suntingan
Baris 15: Baris 15:
Secara garis besar, fikih Islam ada dua. ''Pertama'' fikih ibadah seperti salat, zakat, puasa, haji dan lain-lain. ''kedua'', fikih muamalah, seperti jual-beli, sewa-menyewa, pernikahan, pidana, tata Negara dan lain-lain. Keduanya di samping memiliki banyak persamaan juga memiliki banyak perbedaan. Salah satu perbedaanya adalah, sekiranya fikih ibadah bersifat konstan, tegas dan universal maka fikih muamalah bersifat lentur, elastis dan kompatibel dengan zaman. Al-Syatibi dalam ''al-Muwafawat fi Ushul al-Syariah'' menuturkan:
Secara garis besar, fikih Islam ada dua. ''Pertama'' fikih ibadah seperti salat, zakat, puasa, haji dan lain-lain. ''kedua'', fikih muamalah, seperti jual-beli, sewa-menyewa, pernikahan, pidana, tata Negara dan lain-lain. Keduanya di samping memiliki banyak persamaan juga memiliki banyak perbedaan. Salah satu perbedaanya adalah, sekiranya fikih ibadah bersifat konstan, tegas dan universal maka fikih muamalah bersifat lentur, elastis dan kompatibel dengan zaman. Al-Syatibi dalam ''al-Muwafawat fi Ushul al-Syariah'' menuturkan:


<div lang="ar" dir="rtl">
<big>الْأَصْلُ فِي الْعِبَادَاتِ بِالنِّسْبَةِ إِلَى المكلَّف التَّعَبُّدُ دُونَ الِالْتِفَاتِ إِلَى الْمَعَانِي، وَأَصْلُ الْعَادَاتِ الِالْتِفَاتُ إِلَى الْمَعَانِي</big>  
<big>الْأَصْلُ فِي الْعِبَادَاتِ بِالنِّسْبَةِ إِلَى المكلَّف التَّعَبُّدُ دُونَ الِالْتِفَاتِ إِلَى الْمَعَانِي، وَأَصْلُ الْعَادَاتِ الِالْتِفَاتُ إِلَى الْمَعَانِي</big>  
</div>


''“Konsep dasar dalam fikih ibadah jika dinisbatkan kepada orang mukallaf adalah penghambaan-dogmatis bukan menoleh kepada substasi sementara dalam fikih muamalah prinsipnya adalah melihat isi dan substansi”''.<ref>Ibrahim Ibn Musa al-Syatibi. ''al-Muwafaqat Fi Uṣul al-Syariah,'' (Beirut: Dar Ibnu Affan, 1997) hal 513. </ref>
''“Konsep dasar dalam fikih ibadah jika dinisbatkan kepada orang mukallaf adalah penghambaan-dogmatis bukan menoleh kepada substasi sementara dalam fikih muamalah prinsipnya adalah melihat isi dan substansi”''.<ref>Ibrahim Ibn Musa al-Syatibi. ''al-Muwafaqat Fi Uṣul al-Syariah,'' (Beirut: Dar Ibnu Affan, 1997) hal 513. </ref>
Baris 29: Baris 31:
Sementara yang dijadikan pedoman dasar dalam fikih muamalah adalah kaidah:
Sementara yang dijadikan pedoman dasar dalam fikih muamalah adalah kaidah:


<div lang="ar" dir="rtl">
<big>لِأَنَّ الْأَصْلَ فِيهَا الِالْتِفَاتُ إِلَى الْمَعَانِي دُونَ التَّعَبُّدِ، وَالْأَصْلَ فِيهَا الْإِذْنُ حَتَّى يدل الدليل على خلافه</big>
<big>لِأَنَّ الْأَصْلَ فِيهَا الِالْتِفَاتُ إِلَى الْمَعَانِي دُونَ التَّعَبُّدِ، وَالْأَصْلَ فِيهَا الْإِذْنُ حَتَّى يدل الدليل على خلافه</big>
</div>


''”Konsep dasar dalam fikih muamalah adalah berpijak pada substansi bukan dogmatis. Dan asal dari fikih muamalah adalah boleh sehingga ada dalil yang memerintah sebaliknya”''.<ref>Ibrahim Ibn Musa al-Syatibi. ''al-Muwafaqat Fi Uṣul al-Syariah,'' (Beirut: Dar Ibnu Affan, 1997) hal 513.</ref>
''”Konsep dasar dalam fikih muamalah adalah berpijak pada substansi bukan dogmatis. Dan asal dari fikih muamalah adalah boleh sehingga ada dalil yang memerintah sebaliknya”''.<ref>Ibrahim Ibn Musa al-Syatibi. ''al-Muwafaqat Fi Uṣul al-Syariah,'' (Beirut: Dar Ibnu Affan, 1997) hal 513.</ref>
Baris 47: Baris 51:
Terkait sifatnya menyeluruhnya fikih, Abdul Wahhab Khallaf dalam bukunya Ilmu Ushul Fiqh, menulis<ref>Abdul Wahhab Khallaf, ''Ilmu Ushul Fiqh,'' (Jakarta: Dar al-Kutub al-Ilmiah, 2016), halaman 9.</ref>:
Terkait sifatnya menyeluruhnya fikih, Abdul Wahhab Khallaf dalam bukunya Ilmu Ushul Fiqh, menulis<ref>Abdul Wahhab Khallaf, ''Ilmu Ushul Fiqh,'' (Jakarta: Dar al-Kutub al-Ilmiah, 2016), halaman 9.</ref>:


<div lang="ar" dir="rtl">
<big>من المتفق عليه بين علماء المسلمين على اختلاف مذاهبهم أن كل ما يصدر عن الإنسان من أقوال وأفعال سواء أكان من العبادات أم المعاملات أم الجرائم أم الأحوال الشخصية أم من أي نوع من أنواع العقود أو التصرفات له في الشريعة الإسلامية حكم</big>
<big>من المتفق عليه بين علماء المسلمين على اختلاف مذاهبهم أن كل ما يصدر عن الإنسان من أقوال وأفعال سواء أكان من العبادات أم المعاملات أم الجرائم أم الأحوال الشخصية أم من أي نوع من أنواع العقود أو التصرفات له في الشريعة الإسلامية حكم</big>
</div>


''“Termasuk kesepakatan antara ulama dari Kaum Muslimin dalam ruang lingkup perbedaan mereka bahwa semua hal yang muncul dari manusia baik berupa perkataan, perbuataan, sama saja apakah ia dari ranah ibadah, transaksional, pidana atau [[Hukum Keluarga|hukum keluarga]] atau dari macam apapun dari akad-akad dan jenis transaksional semuanya memiliki kaitan dalam hukum Islam”.  ''  
''“Termasuk kesepakatan antara ulama dari Kaum Muslimin dalam ruang lingkup perbedaan mereka bahwa semua hal yang muncul dari manusia baik berupa perkataan, perbuataan, sama saja apakah ia dari ranah ibadah, transaksional, pidana atau [[Hukum Keluarga|hukum keluarga]] atau dari macam apapun dari akad-akad dan jenis transaksional semuanya memiliki kaitan dalam hukum Islam”.  ''