Hasil Kongres 2

Dari Kupipedia
Revisi per 8 Mei 2024 06.23 oleh Agus Munawir (bicara | kontrib)
(beda) ← Revisi sebelumnya | Revisi terkini (beda) | Revisi selanjutnya → (beda)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hasil Kongres 2 adalah keputusan-keputusan yang dikeluarkan dalam seluruh rangkaian kegiatan yang diadakan selama tiga hari Kongres di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara Jawa Tengah, pada 24 - 26 November 2022 M bertepatan dengan 29 Rabiul Akhir - 2 Jumadil Awal 1444 H.

Musyawarah Keagamaan merupakan kegiatan inti Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI), selanjutnya disebut MK KUPI, baik yang pertama di Cirebon (April 2017), maupun kedua di Jepara (Nopember 2022). Ini adalah konsekuensi logis dari keberadaan KUPI sebagai gerakan ulama perempuan yang bersifat intelektual, kultural, sosial dan spiritual. Sebagai pewaris Nabi Saw, ulama baik yang berjenis kelamin perempuan maupun laki-laki, mengemban amanah dan tanggungjawab mewujudkan risalah Islam yang rahmatan lil alamin dengan berpegang teguh pada tauhid dan nilai-nilai prinsipil Islam, serta berorientasi pada tujuan syariat (maqashid asy-syariah), dan kemaslahatan manusia, tak terkecuali kelompok lemah (dhu’afa) dan dilemahkan (mustadh'afin) yang sering terpinggirkan dan terlupakan.

Ulama perempuan Indonesia hadir menjalankan misi tauhid dan risalah Nabi SAW untuk memanusiakan semua manusia dan menghapuskan segala bentuk kezaliman di muka bumi. Ulama perempuan terus menjaga integritas, menguatkan kapasitas, menghasilkan pengetahuan dan menyuarakan pandangan keagamaannya guna ikut memajukan kehidupan berbangsa, peradaban Islam, dan perdamaian dunia. Pengakuan masyarakat dan negara atas otoritas keulamaan perempuan merupakan kepercayaan dan pencapaian yang membanggakan sekaligus tanggung jawab yang wajib ditunaikan.

Daftar Hasil KUPI 2: